17/12/16

Pentingnya Memonitor Gerakan Tanah dan Memprediksi Terjadinya Tanah Longsor

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui bahaya dan bencana yang harus kita waspadai bahkan di sekitar kita, di belakang rumah kita sekalipun ! Memonitor pergerakan tanah di sekitar kita adalah hal mendasar yang perlu kita ketahui untuk memprediksi sejumlah besar kejadian tanah longsor. Para ilmuan telah melakukannya dan memantau pergerakan tanah dari sifat fisik tanah dapat memacu pergerakannya.

Real monitoring system yang dilaksanakan USGS contohnya, mereka bisa memberikan informasi secara online dan update tentang pergerakan tanah di beberapa tempat yang berpotensi terjadi longsor. Jangan berandai-andai hal tersebut terjadi di negeri ini. Namun beberapa pengkaji tanah longsor di Indonesia telah melakukan hal demikian dengan membuat peta zona rawan longsor di berbagai daerah di Indonesia. 

Hanya saja sosialisasi terhadap warga masih kurang dan karena kurangnya pengetahuan warga tentang penyebab, tanda-tanda, dan bahaya tanah longsor ini maka warga banyak yang menjadi korban, PADAHAL itu terjadi berawal dari terbentuknya crack atau rekahan di BELAKANG RUMAH KORBAN. Hal ini banyak terjadi di daerah tempat tinggal saya di Banjarnegara. Tata guna lahan yang kurang tepat juga ikut berperan dalam memuluskan bencana longsor ini.

Berikut gambar monitoring sistem yang diterapkan oleh USGS:

diagram of a typical landslide monitoring setup

Data yang didapat dari instrumen tersebut belumlah dianggap sebagai keputusan final. Masih banyak kelemahan dalam monitoring system tersebut. Dalam berbagai kasus, data yang kurang akurat bisa terjadi karena faktor kelelahan alat, alat yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik, maupun kondisi fisik di lingkungan tempat penelitian. Sehingga data yang didapat harus melalui banyak revisi.

0 komentar:

Posting Komentar